Teknologi

Di dalam "Daerah"

Baru-baru ini, saya merasa senang berada di “The Zone!” Secara pribadi, saya harus mengatakan bahwa senang berada di sana. Apa itu “Zona”?

Anda pernah mendengar atlet berbicara tentang berada di “Zona” – tempat ajaib di mana semuanya diklik. Proses fisik dan mental bekerja dalam koordinasi, dan semuanya terjadi dengan benar. Dalam atletik kompetitif, atlet profesional berlatih dan bekerja keras untuk momen spesial. Dengan pegolf, saat itulah posisi tubuh, genggaman pada tongkat golf, posisi bola di tee benar. Pegolf melihat ke arah jalan dan membayangkan jalur terbang bola, jarak, dan di mana bola akan mendarat. Pegolf melihat kembali bola ke bawah dan menemukan bahwa sebagian kecil dari momen kedamaian dan fokus mutlak. Pegolf mengayunkan lengkungan dan posisi lengan yang sempurna, dan kemudian membawa tongkat kembali ke arah bola. Wajah stik memukul bola dalam posisi yang sempurna dan bola mengikuti jalur yang sama yang dijelaskan oleh pegolf. Seperti itulah rasanya berada di “The Zone!”

Hal yang sama berlaku untuk pemrograman dan penulisan. Sebagai seorang programmer, saat itulah semuanya mulai masuk akal. Begini cara kerjanya: Anda memiliki jadwal yang ketat dan berada di bawah tekanan untuk memberikan perangkat lunak lengkap Anda. Anda memaksakan diri untuk tetap fokus pada tugas yang ada. Anda memiliki segalanya untuk produktivitas. Minuman energi dan makanan ringan di sebelah. Musik pembuka kode favorit Anda menyala di headphone Anda. Kursi berada dalam posisi yang sempurna untuk produktivitas, dan Anda memiliki buku dan catatan yang tepat di meja Anda. Anda meluncurkan semua alat perangkat lunak yang tepat di komputer Anda dan jika Anda cukup beruntung memiliki dua monitor atau komputer – Anda memiliki browser di satu layar untuk melakukan pencarian Google. Anda menyelam. Dibutuhkan satu atau dua jam yang baik untuk benar-benar engkol. Kemudian semuanya mulai klik! Anda memiliki banyak modul kode yang semuanya terbuka secara bersamaan. Variabel global dan lokal semuanya ada di kepala Anda, dan Anda tahu apa nilainya saat ini saat Anda masuk ke kode Anda. Anda menemukan cara untuk mengecilkan 20 baris kode menjadi 3, tanpa memengaruhi kinerja. Dan Anda baru saja menemukan algoritma baru untuk mendapatkan fungsionalitas yang diinginkan dalam program Anda. Musik masih menyala di headphone Anda tetapi Anda tidak lagi mendengarnya. Sebaliknya, variabel, data, dan rumus menari-nari di pikiran Anda dan keluar melalui jari-jari Anda. Anda mengetik dengan marah mencoba mengikuti aliran ide, takut gangguan atau jeda sedikit pun akan menyebabkan gambar menghilang. Dan kemudian itu terjadi! Anda menabrak dinding! Anda mendapati diri Anda menatap layar selama hampir setengah jam dan tidak ada yang diketik. Otakmu berhenti begitu saja. Anda berpikir bahwa Anda hanya bekerja selama beberapa jam tetapi kemudian Anda menyadari bahwa Anda hanya menghabiskan 18 jam di depan komputer.

Jadi, sekarang Anda crash. Anda mengambil sesuatu untuk dimakan dan kemudian memukul karung. Tapi 4 sampai 6 jam kemudian, Anda bangun. Setelah selesai, ide, variabel, data, dan algoritme akan muncul kembali. Anda tidak sabar untuk duduk kembali di depan komputer dan mulai mengekstrak kode lagi. Langkah ini berlanjut, selama berhari-hari, sampai Anda akhirnya mencapai tujuan Anda – atau RL (kehidupan nyata) menghalangi dan memaksa Anda untuk rileks. Atau dalam kasus terburuk, tubuh dan pikiran Anda berteriak “Cukup!” dan Anda mogok selama 20 jam berturut-turut.

Aku bisa merasakan kalian semua mengangguk setuju. Ini hampir seperti obat. Anda begitu sibuk dengan kreativitas dan aliran coding sehingga Anda melupakan hal-hal lain. Ini cara yang baik untuk melupakan RL. Ini sebenarnya bisa menyegarkan! Tetapi dengan biaya – keluarga dan teman-teman melupakan siapa Anda. Anda menjauh dari meja Anda untuk bersantai secara alami dan mereka melihat Anda seperti Anda berasal dari planet lain. Tapi kemudian, tidak mencukur, mencuci, dan mengenakan pakaian yang sama selama beberapa hari berturut-turut, merupakan kontributor besar untuk mendapatkan tampilan itu. Ditambah lagi, itu tidak sehat. Duduk dalam posisi yang sama untuk waktu yang lama, membuat Anda rentan terhadap pembekuan darah dan jenis masalah medis lainnya. Menemukan keseimbangan yang tepat adalah tantangannya.

Pengalaman terakhir saya adalah saat mengerjakan aplikasi Java untuk perangkat Blackberry. Tenggat waktu yang sangat ketat, ditambah dengan fakta bahwa saya menambahkan fungsionalitas ke kode orang lain, dan ini adalah pertama kalinya saya bekerja untuk platform Blackberry. (API Non-standar! Argh!) Tapi begitu saya masuk ke “The Zone”, bagus!

Saya tidak merekomendasikan pergi ke sana terlalu sering. Sama seperti aktivitas adiktif lainnya – terlalu banyak dapat menyebabkan masalah pribadi, sosial, dan fisik. Temukan keseimbangan yang tepat. Belajar berjalan secara teratur. Bangunlah selama beberapa menit dan lakukan jalan-jalan kecil, setidaknya sekali setiap beberapa jam. Simpan beberapa makanan sehat dekat dengan camilan – apel, wortel, seledri, dan kacang-kacangan. (Ya, saya suka hal-hal yang renyah saat memprogram.) Jika Anda minum minuman energi (saya lebih suka apa pun dari Hansen), pastikan juga untuk minum banyak air. Tapi jangan minum terlalu banyak energi! Kasus gegar otak tidak akan membantu Anda menulis kode! Dan jika Anda mengalami banyak stres dan ketegangan, pastikan Anda menghabiskan setidaknya satu jam sehari untuk melakukan beberapa jenis olahraga. Anda akan takjub melihat bagaimana peningkatan aliran darah di tubuh Anda dapat berkontribusi untuk mempersiapkan kepala Anda untuk lebih banyak pemrograman, terutama ketika Anda mengalami masalah pengkodean yang sulit. Dan untuk keluarga dan teman terdekat Anda – pastikan untuk memberi tahu mereka bahwa Anda masih mencintai mereka dan bahwa Anda akan segera kembali, dan menindaklanjuti komitmen Anda kepada mereka. Filosofi pribadi saya adalah iman, keluarga, teman, keuangan, dan kesenangan. (Bagian keuangan = pekerjaan.) Setiap orang memilikinya sendiri.

Karena itu, mengunjungi “Zona” itu menarik. Ini culun, kutu buku, dan hari ini – meskipun sedikit modis. Ingatlah untuk tidak tinggal di sana, dan sesekali melayang ke udara.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button