Desain Universal dan Teknologi Bantu

Desain Universal adalah sebuah konsep yang – di dunia yang sempurna – akan memungkinkan siswa penyandang cacat untuk memasuki ruangan dan segera mendapatkan AKSES YANG SAMA untuk semua dan semua informasi. Dengan Universal Design, teknologi bantu dapat digunakan sehingga pelajaran di kelas dapat diselesaikan dengan mudah oleh semua orang termasuk penyandang disabilitas yang menggunakan teknologi bantu.

Penyesuaian berikut adalah contoh Desain Universal sehari-hari: pintu geser otomatis, pintu dan bilik toilet besar, meja yang dapat disesuaikan, guntingan pinggir jalan, teks, lampu gerak, pegangan tuas, dan e-book. Masing-masing contoh ini membuat hidup setiap orang lebih mudah, bukan hanya penyandang disabilitas.

• Teknologi Bantuan untuk Tunarungu dan Tunarungu

Bagi orang yang mengalami gangguan pendengaran atau tunarungu, layanan Sorenson menggunakan juru bahasa jarak jauh melalui videophone. Telepon video gratis dengan layanan Sorenson. Individu mungkin berada di satu lokasi, dan penafsir mungkin berada di negara bagian lain. Sejumlah sekolah memiliki pelaporan CART yang tersedia untuk siswa Tunarungu dan Tunarungu. Wartawan CART duduk di luar kelas dan mendengarkan melalui headphone untuk membuat transkrip kuliah seakurat wartawan pengadilan. Sistem FM juga tersedia untuk individu dengan masalah pendengaran. Sistem FM akan memperkuat suara dari kamar ke kamar. Satu orang memakai perangkat kecil dengan pemancar, dan yang lain memakai perangkat penerima. Orang yang memiliki penerima dapat mendengar apa yang dikatakan orang lain seolah-olah mereka berada di samping satu sama lain. Teknologi bantu seperti sistem FM harus tersedia bagi siapa saja yang mengunjungi museum atau menikmati pertunjukan di auditorium atau bioskop.

• Diagram Braille / Taktil

Bagi penyandang tunanetra, teknologi Braille tersedia di komputer pribadi yang disebut PacMates yang memungkinkan individu membuat catatan sendiri menggunakan papan ketik Braille. Diagram taktil untuk sains juga tersedia untuk model anatomi manusia, penampang kepala, otak, hidung, mulut, tenggorokan, saluran pernapasan, jantung, sistem pencernaan, dll. Peta taktil juga tersedia bagi siapa saja yang mengambil kelas geografi atau mempelajari dunia. Buku teks dan tes di sekolah dapat diproduksi dalam huruf Braille bagi siapa saja yang meminta layanan tersebut.

• E-Teks

E-teks sekarang tersedia melalui banyak buku teks dan penerbit non-akademik. Siswa penyandang disabilitas mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan salinan gratis buku teks mereka dari Recordings for the Blind and Dyslexic. University of Virginia juga memiliki ribuan e-book yang tersedia untuk mahasiswa. Kent State University memiliki repositori non-komersial untuk penelitian e-book, dan Project Gutenberg memiliki banyak e-book gratis. Google memiliki lebih dari 500.000 eBook yang dapat diakses secara gratis. Sejumlah besar penerbit menginginkan “bukti pembelian” untuk buku teks perguruan tinggi sebelum memberikan versi buku elektronik alternatif. Kindle, The Nook, dan Sony semuanya memiliki pembaca elektronik untuk ribuan buku, tetapi individu yang tertarik juga harus memeriksa perangkat lunak text-to-speech yang memungkinkan mereka mendengarkan buku dan juga membacanya.

• Penyandang Cacat Fisik / Pengguna Kursi Roda

Teknologi kursi roda dan sistem augmentasi tersedia untuk kegiatan rekreasi seperti bowling dan sepak bola. Atlet paralimpiade bertanding di ajang olahraga paralimpik internasional. Selain itu, mobil roda khusus dengan ban balon merupakan pilihan untuk berkendara di pantai berpasir. Bagi mereka dengan gerakan tubuh bagian atas yang terbatas, akses komputer dapat dicapai dengan menggunakan trackball besar, mouse kaki, perangkat gulp and puff, dan mouse yang dioperasikan di kepala. Mata listrik dapat disediakan yang memungkinkan akses dan kontrol komputer melalui gerakan kepala terbatas dan bahkan kedipan mata.

• Pembesar Layar

Semua komputer pribadi memiliki opsi aksesibilitas termasuk fitur zoom untuk tunanetra. Anda bisa mendapatkan akses ke fitur Control Panel di PC Anda. Zoom Teks memperbesar cetakan untuk seseorang dengan gangguan penglihatan, dan Zoom Teks dengan ucapan juga menyertakan pembaca layar. Produk dari Kurzweil dan Freedom Scientific juga menyediakan pembaca layar dan kaca pembesar. Kaca pembesar rumah tidak hanya baik untuk siswa, tetapi teknologi akan membantu mereka yang bekerja dengan baik dengan tangan mereka. Tangan mereka dapat diperbesar ke monitor sehingga orang dapat melihat hasil rajutan, tulisan, atau perbaikan kecil mereka. Teknologi kamera juga membuat hidup lebih mudah diakses oleh individu dengan low vision. Ada berbagai produk pembesar teks untuk penyandang low vision yang dapat digunakan di atas meja, portabel, atau dapat dikenakan di kepala bagi penyandang disabilitas mobilitas. Misalnya, Flipper menggunakan kamera untuk memproyeksikan informasi dari papan kelas ke komputer pribadi. Jordy adalah produk yang dikenakan di kepala. Pembesar elektronik saku kecil sangat berguna ketika mencoba membaca cetakan kecil saat berbelanja karena pengguna dapat menekan tombol dan membekukan gambar untuk akses yang lebih mudah ke cetakan yang diperbesar. Produk ini tersedia di situs web low vision. Selain itu, Anda bisa mendapatkan mikroskop digital. Pengguna menghubungkannya melalui komputer dengan perangkat lunak khusus. Komputer kemudian dipasang ke proyektor, dan memperbesar slide ke dinding atau meja untuk dilihat semua orang sekaligus. Tersedia kalkulator matematika yang menggunakan overhead untuk memproyeksikan ke dinding.

• Ucapan ke Teks

Seseorang dengan keterbatasan penglihatan atau gerakan tangan dapat menggunakan produk speech-to-text seperti Dragon Naturally Talking, salah satu produk kontrol suara Nuance. Nuansa kontrol suara akan memungkinkan pengguna untuk menggunakan perintah suara untuk menentukan email ke Blackberry, untuk menambahkan janji, dan untuk mencari web. Perekam Suara Digital Sony ICD-SX46 dapat digunakan dengan Perangkat Lunak Dragon NaturallySpeaking. Tablet PC memiliki layar sensitif yang dirancang untuk berinteraksi dengan pena pelengkap. Anda dapat menggunakan pena langsung di layar seperti mouse untuk memilih, menyeret, dan membuka file dan dapat digunakan sebagai pengganti keyboard untuk menulis catatan. Tablet PC juga harus memiliki teknologi speech-to-text. Smartphone Nexus 1 juga memiliki fitur Speech to Text.

• Teks pidato

Pembaca layar juga tersedia secara gratis atau dibeli, tergantung pada produknya. ReadPlease adalah pembaca layar gratis untuk penggunaan di rumah yang membaca teks yang telah dipotong dan ditempelkan ke pembaca layar di komputer. Siswa tunanetra dapat menggunakan JAWS untuk mendengarkan semua yang ada di komputer mereka. Zoom Text and Magic juga memiliki pembaca teks yang tersedia di perangkat lunak mereka. Pena elektronik juga tersedia yang dapat membaca catatan dengan keras, memindai dan menyimpan teks, mentransfer informasi ke PDA, Ponsel Cerdas, dan Komputer Pribadi. Beberapa pena ini juga dapat menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa lain. Pulse, sebuah Smartpen oleh Live Scribe memungkinkan pengguna merekam catatan dan kemudian memutar ulang kata tertulis dengan mengetuk catatan. Catatan dapat disimpan ke komputer dan dibagikan sebagai video Flash, file PDF, atau file audio.

Terlepas dari kecacatan yang Anda hadapi, teknologi saat ini akan membantu Anda melewati tantangan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *