Bagaimana Kursi Kerja yang Tepat Dapat Mencegah Sakit Kepala Kronis

Jika Anda menderita sakit kepala tegang kronis, sakit punggung atau sakit leher, Anda mungkin menyadari bahwa postur tubuh yang buruk setidaknya sebagian bertanggung jawab.

Namun, tahukah Anda cara Anda duduk mungkin lebih terkait dengan rasa sakit Anda daripada cara Anda berdiri?

Jika Anda seperti kebanyakan orang Amerika, Anda menghabiskan banyak hari duduk-duduk. Ini karena workstation Anda mungkin berada di terminal komputer, jalur perakitan, atau meja.

Pertimbangkan juga bahwa sebagian besar waktu Anda di rumah juga dihabiskan untuk duduk – apakah menonton TV, menjelajahi Internet, atau membaca. Akibatnya, dari 16 jam atau lebih Anda terjaga, Anda mungkin menghabiskan 12 jam atau lebih untuk duduk.

Bukankah masuk akal jika Anda harus fokus pada postur duduk Anda seperti yang Anda lakukan?

Dan sambil berdiri dengan benar – bahu digulung ke belakang, kepala ke atas, dada keluar – yang penting, manfaat postur yang baik akan minimal jika Anda bersantai sepanjang hari di meja Anda.

Anda mungkin salah satu dari sekian banyak karyawan malang yang harus dipeluk karena kursi kerja Anda tidak akan menyesuaikan dengan tubuh Anda, atau karena kursi Anda tidak disesuaikan dengan baik.

BAHAYA SITUS YANG TIDAK DIPERBAIKI

Ada tiga hal yang bisa terjadi jika Anda terbiasa berlama-lama setiap hari. Semuanya buruk:

* kram dan nyeri pada otot, jaringan ikat, dan persendian Anda

* pernapasan terbatas

*cacat postur

KEPUASAN DAN NYERI

Masalah yang terkait dengan tempat duduk yang tidak tepat bersifat kumulatif. Gejala pertama yang terlihat biasanya adalah kekakuan dan nyeri di punggung bawah, punggung atas, atau leher. Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala kronis, sakit punggung, dan kram otot atau pembatasan peredaran darah di kaki Anda.

Akibat duduk terus menerus, bagian tubuh yang lain mulai rusak karena bila salah satu bagian tubuh tidak selaras, maka akan mempengaruhi struktur di atas dan di bawahnya.

Misalnya, jika Anda terbiasa duduk terkulai, Anda tidak hanya berisiko sakit punggung dan leher, tetapi juga cedera peregangan berulang seperti sindrom karpal.

PERNAPASAN TERBATAS

Saat Anda duduk tegak, Anda harus memiliki nada yang baik pada otot perut bagian bawah sampai diafragma Anda berada pada posisi yang benar dan terangkat. Ini penting untuk pernapasan yang optimal.

Tapi saat Anda merosot di kursi Anda, otot perut bagian bawah Anda rileks dan diafragma Anda turun. Ini memaksa Anda untuk bernapas dari dada bagian atas, bukan dari diafragma.

Akibat penurunan dukungan dari dinding perut bagian bawah yang rileks, setara dengan penurunan diafragma, organ perut Anda dipaksa turun, yang membatasi pernapasan Anda.

DEFORMITAS POSTURAL

Jika Anda seorang wanita, tekanan yang muncul di panggul Anda agar tidak membengkak setiap hari dalam jangka waktu yang lama dapat menjadi penyebab nyeri punggung, panggul, dan menstruasi yang tak terlupakan.

Dan – terutama jika Anda seorang wanita – Anda berisiko mengalami kelainan bentuk tulang jika postur duduk Anda salah.

Seringkali, ketika orang berpikir tentang postur “punggung”, mereka biasanya mengaitkannya dengan wanita pasca-menopause yang sudah menderita osteoporosis.

Namun, banyak wanita pra-menopause memiliki bokong bulat yang disebabkan oleh cara mereka duduk sepanjang hari.

BAGAIMANA MENENTUKAN JIKA ANDA DUDUK DENGAN BENAR

Berikut adalah daftar periksa yang dapat Anda gunakan yang akan membantu Anda menentukan apakah Anda duduk dengan benar:

* kaki Anda dengan kuat di lantai, atau pada kaki istirahat, sedikit di depan Anda

* tempat duduk Anda disesuaikan sehingga paha Anda sejajar dengan lantai, dengan lutut sekitar 90 derajat dan sedikit lebih rendah dari pinggul Anda

* kursi Anda memungkinkan berat badan Anda ditanggung terutama di bagian atas paha Anda

* lutut Anda selebar bahu atau dekat

* kursi kursi Anda tidak terlalu dalam (Anda tidak boleh tenggelam di kursi Anda)

* Anda bisa duduk tegak, menjaga lekukan alami punggung Anda

* punggung Anda cukup didukung

* panggul Anda netral

* tulang rusuk Anda terangkat

* Anda dapat menggambar garis lurus ke bawah melalui telinga, bahu, tulang rusuk, dan panggul Anda (periksa ini dengan duduk di depan cermin panjang penuh, atau minta rekan kerja untuk menganalisis postur duduk Anda)

TIPS ERGONOMI UNTUK PENGGUNA KOMPUTER

Jika Anda duduk di terminal komputer sepanjang hari, ada faktor lain yang perlu Anda pertimbangkan:

* Anda harus duduk tepat di depan keyboard dan layar komputer Anda

* Monitor Anda harus berada antara 18 – 24 inci dari mata Anda, dan Anda harus melihat sedikit ke bawah untuk melihatnya

* Anda harus menggunakan permukaan kerja yang memungkinkan siku Anda mempertahankan sudut 90 derajat

* Anda harus menjaga bahu Anda tetap rileks; jangan menunduk ke depan

* Anda harus mengendurkan pergelangan tangan dan menjaganya dalam keadaan netral; jangan menekuknya ke atas atau ke bawah

* saat mengetik, pastikan bahu Anda lurus dan siku Anda longgar di samping Anda

* istirahat

Saat melakukan pekerjaan komputer yang ekstensif, penting untuk beristirahat sejenak untuk melakukan peregangan dan berjalan-jalan setiap 30 menit atau lebih. Bergantian antara aktivitas kerja yang menggunakan kelompok otot yang berbeda.

Pastikan juga untuk mengistirahatkan mata Anda secara teratur. Misalnya, berkedip, menutup sejenak dan melihat objek yang berbeda.

BERBEDA JENIS KETUA

RODA KASTER

Di sebagian besar lingkungan kerja, dan di hampir semua kantor, kursi dipasang pada roda beroda untuk memungkinkan Anda berpindah dari satu tugas ke tugas lainnya dengan mudah. Roda ini biasanya dipasang pada basis lima titik.

DASAR STASIUN

Dalam beberapa situasi industri, kursi dengan alas stasioner lebih umum karena masalah keamanan. Kursi seperti ini banyak dijumpai di laboratorium karena lantainya yang cenderung keras dan licin, membuat kursi roda jarak berisiko.

Kursi stasioner umum di jalur perakitan karena lebih stabil.

KETUA BANGKU

Kursi bangku sering digunakan di area perakitan suku cadang kecil di bidang manufaktur, serta untuk pekerjaan lain yang membutuhkan ketangkasan manual. Kursi bangku lebih tinggi dari kursi kantor biasa dan biasanya menawarkan alas kaki untuk stabilitas dan kenyamanan.

KETUA DAPAT BERDIRI

Kursi duduk untuk berdiri paling baik jika Anda sering berpindah dari posisi duduk ke posisi berdiri selama shift Anda (jika Anda bekerja sebagai resepsionis atau pekerja lini perakitan, kursi duduk untuk berdiri adalah pilihan yang baik).

Kursi-kursi ini biasanya tidak memiliki sandaran. kursi miring ke bawah, memungkinkan Anda bersandar dengan nyaman dalam posisi setengah berdiri.

FAKTOR LAIN YANG MEMPENGARUHI ERGONOMI

LATAR BELAKANG

Bagian belakang kursi Anda harus menstabilkan panggul Anda dan mengangkat tulang rusuk Anda dengan menopang punggung bawah Anda.

Jika tidak menopang punggung bawah Anda dengan benar, maka itu akan tenggelam ke belakang. Sandaran punggung yang terlalu empuk, miring, dan/atau cekung menyebabkan hal tersebut terjadi.

Patahan ini menghasilkan sandaran yang mendukung area yang salah, yang memperkuat penurunan.

KAKI

Jika permukaan kerja Anda terlalu tinggi untuk memungkinkan Anda meletakkan kaki di lantai, maka Anda memerlukan pijakan kaki. Pijakan kaki harus cukup besar untuk memungkinkan Anda bergerak di siang hari. Hal ini juga dapat disesuaikan untuk mengakomodasi tinggi dan panjang kaki Anda.

DASAR LIMA POIN

Basis lima titik memberi Anda stabilitas maksimum dan biasanya tersedia dengan semua jenis kursi.

BAGAIMANA CARA MEMILIH KETUA KERJA YANG TEPAT UNTUK JENIS TUBUH ANDA

Saat membeli kursi kerja, Anda harus menyadari bahwa satu ukuran tidak cocok untuk semua orang. Anda harus mempertimbangkan apa yang Anda lakukan di kursi Anda sepanjang hari, dan juga memperhitungkan ukuran fisik Anda.

Umumnya, Anda menginginkan kursi yang memberikan dukungan yang tepat untuk punggung, kaki, bokong, dan lengan Anda.

Berikut berbagai komponen kursi kerja dan apa saja yang harus dicari di dalamnya:

DASAR

Anda menginginkan kursi yang memiliki alas lima kaki (titik), terlepas dari apakah Anda membutuhkan roda (roda). Jika Anda memilih kursi dengan kurang dari lima pedal, Anda mengorbankan stabilitas dan keamanan (kursi dengan empat roda dapat berguling lebih mudah).

Pastikan alasnya memungkinkan kursi berputar dengan mudah.

ARMRES

Ingatlah bahwa sandaran tangan hanya dapat digunakan saat membaca atau beristirahat di antara sesi mengetik, BUKAN saat benar-benar mengetik atau menggunakan mouse. Tergantung pada bagaimana Anda menghabiskan waktu di kursi, Anda mungkin tidak memerlukan sandaran tangan.

Jika Anda mendapatkan kursi dengan sandaran tangan, pastikan kursi itu dapat disesuaikan, luas, empuk, dan nyaman. Saat duduk, Anda harus bisa mengatur ketinggian lengan bawah dengan bebas dan menjaganya tetap berdekatan atau menjauh darinya.

KURSI PAN

Bagian kursi yang Anda duduki (panci tempat duduk) harus memungkinkan distribusi berat yang rata dan penyangga yang nyaman. Perhatikan lebar dan kedalaman kursi – itu harus cukup lebar untuk memberi Anda setidaknya satu inci ruang yang tidak terpakai di kedua sisi paha dan pinggul Anda.

Itu juga harus cukup dalam untuk menopang paha Anda dengan nyaman dan tidak memberi tekanan pada bagian belakang lutut Anda (itu buruk untuk sirkulasi darah).

Kursi harus terasa nyaman bahkan setelah duduk selama satu jam atau lebih. Bantalan yang tidak memadai dan kontur yang buruk dapat menyebabkan kelelahan pinggul dan punggung, jadi pastikan liner berkualitas tinggi agar tidak berubah bentuk secara permanen.

KETUA TINGGI

Anda harus membeli kursi yang memungkinkan Anda menyesuaikan ketinggiannya dengan mudah. Kursi terbaik memiliki perangkat yang memungkinkan Anda menyesuaikan ketinggian tempat duduk saat Anda duduk (kursi dengan mekanisme penyesuaian ketinggian mekanis yang berputar juga tidak masalah).

Bagaimanapun, pastikan penyetel mudah dijangkau saat Anda duduk – Anda tidak perlu bangun untuk mengubah ketinggian tempat duduk Anda.

Jika lebih dari satu orang akan menggunakan kursi, pastikan jarak ketinggian akan mengakomodasi semua pengguna. Anda harus dapat menyesuaikan ketinggian tempat duduk sehingga bagian depan lutut Anda rata, atau sedikit di bawah permukaan, dengan kaki Anda menempel kuat di lantai atau di sandaran kaki.

DUKUNGAN LUMBAR

Dukungan lumbal yang baik (bagian kursi yang menopang punggung bawah Anda) sangat penting. Banyak kursi memiliki penyangga pinggang yang dapat diatur naik turun dan maju atau mundur. Itulah yang Anda inginkan, karena dukungan ini akan lebih sesuai dengan bentuk Anda.

Kemampuan menata kursi sangat penting jika lebih dari satu orang akan menggunakan kursi tersebut.

Penyangga pinggang dengan ketinggian tetap mungkin baik jika Anda adalah satu-satunya pengguna kursi dan merasa nyaman saat Anda duduk bersandar.

Saat duduk dengan penyangga pinggang, pastikan ada cukup ruang untuk pinggul dan Anda tidak dipaksa maju di kursi sampai Anda kehilangan penyangga paha.

DUKUNGAN KEMBALI

Penyangga punggung harus dimiringkan agar Anda dapat duduk lebih tinggi dari 90 derajat. Kursi terbaik memungkinkan punggung Anda untuk bergerak dan juga melacak punggung Anda saat Anda bergerak maju mundur.

Cobalah untuk menghindari mengunci dukungan belakang dalam satu posisi. Cari penyangga yang cukup lebar dan tidak memberi tekanan pada bagian belakang bokong Anda. Dukungan juga harus cukup tinggi untuk memberikan dukungan yang baik ke bagian tengah punggung Anda – setidaknya sampai ke tulang belikat.

KEPALA KEPALA

Jika Anda ingin berbaring di kursi Anda untuk membaca, berbicara di telepon atau bersantai, cari kursi dengan punggung tinggi dan leher serta kepala yang baik.

HARGA

Kursi yang bagus harganya turun, tapi masih mahal. Anda bisa mendapatkan kursi yang bagus dengan harga antara $300 dan $500.

(Ingat ini – Anda mendapatkan apa yang Anda bayar)

Meskipun $ 300 hingga $ 500 (atau lebih) mungkin tampak seperti banyak uang untuk sebuah kursi, jika Anda termasuk di antara jutaan orang yang menghabiskan sebagian besar hari kerja mereka, kursi yang nyaman dan berkualitas tinggi adalah investasi yang bijaksana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *